Cara Verifikasi 2 Langkah Gmail

Sebagai pengguna Gmail, kita diberikan opsi untuk mengaktifkan ataupun menonaktifkan verifikasi 2 langkah. Ketika mengaktifkan verifikasi 2 langkah, maka akun kita akan semakin aman. Sebaliknya, ketika kita tidak mengaktifkan verifikasi 2 langkah, maka akun kita terbilang kurang aman.

Seperti yang kita ketahui bersama, akun Gmail memiliki fungsi yang beranekaragam. Tidak sebatas mengirim dan menerima email, akun Gmail juga bisa digunakan untuk mengakses semua produk Google seperti Google Drive, Google Map, Blogger, YouTube, dan produk lainnya.

Nah, ketika akun tersebut diretas orang, kan sayang banget gitu. Terlebih kalau akun tersebut benar-benar penting untuk urusan pribadi maupun pekerjaan. Untuk itu, ada baiknya kita mengaktifkan verifikasi 2 langkah yang sudah disediakan oleh Google.

Cara Mengaktifkan Verifikasi 2 Langkah Gmail

Terkait keamanan, Google sendiri memberikan beberapa pilihan yang bisa digunakan. Jadi, kita bisa memilih opsi yang sekiranya cocok dengan pribadi kita masing-masing.

Berikut adalah beberapa pilihan verifikasi 2 langkah yang bisa digunakan:

1. Aktifkan SMS Nomor HP

Opsi pertama yang disarankan ketika hendak mengaktifkan verifikasi 2 langkah adalah nomor HP. Jadi, kita diminta untuk memasukkan nomor HP aktif yang kemudian akan digunakan untuk verifikasi. Nantinya, verifikasi akan dilakukan melalui SMS.

Ketika kita menginginkan verifikasi menggunakan nomor HP, kita juga harus memastikan bahwa nomor tersebut akan selalu aktif. Pasalnya, ketika nomor tersebut hilang, kita akan repot sendiri nantinya. Jadi, usahakan gunakan nomor yang akan selalu aktif.

Untuk mengaktifkan verifikasi 2 langkah Gmail dengan nomor HP, silahkan ikuti langkah berikut:

  1. Silahkan kunjungi website verifikasi 2 langkah Google.
  2. Setelah itu, kita akan diarahkan ke halaman berikut, silahkan klik Mulai.verifikasi 2 langkah gmail
  3. Selanjutnya, login ulang menggunakan akun Gmail yang digunakan tadi. Jika sudah login, masukkan nomor HP yang ingin digunakan. Untuk bagian Bagaimana Anda ingin mendapatkan kode?, pilih SMS lalu klik Selanjutnya untuk melanjutkan proses.verifikasi 2 langkah google
  4. Berikutnya, akan ada SMS masuk dari Google. Masukkan kode yang dikirim ke dalam kolom yang sudah disediakan lalu klik Selanjutnya.verifikasi 2 langkah akun google
  5. Terakhir, cukup klik Aktifkan maka secara otomatis verifikasi 2 langkah akun Gmail akan aktif.

Ketika sudah mengaktifkan verifikasi 2 langkah dengan SMS, maka setiap login akun, Google akan mengirimkan kode yang digunakan untuk login.

2. Menggunakan Perintah Google

Tidak seperti cara pertama yang bisa dikatakan cukup ribet. Dengan mengaktifkan perintah Google, maka kita bisa dengan mudah mengamankan akun Google. Termasuk ketika login, maka kita tinggal menekan tombol Ya yang muncul di Smartphone.

Oh ya, pastikan juga Smartphone yang akan digunakan sudah login akun Gmail yang hendak diaktifkan verifikasi 2 langkahnya. Ini sifatnya wajib ya, tidak bisa diganggu gugat. Jadi, kalau belum login, silahkan login terlebih dahulu.

Jika sudah, silahkan praktikkan panduan di bawah ini:

  1. Pertama, masuk ke halaman verifikasi seperti langkah pertama.
  2. Scroll ke bawah ke bagian Langkah kedua yang tersedia lalu pilih Tambahkan Perintah Google.gmail verifikasi 2 langkah
  3. Pilih smartphone yang akan digunakan, mau menggunakan Android atau iPhone > klik disini untuk mencoba lagi > klik Selanjutnya untuk melanjutkan proses.cara verifikasi 2 langkah gmail di android
  4. Selesai.

3. Aktifkan Email Pemulihan

Nah, ini adalah opsi yang tidak kalah penting dari opsi-opsi sebelumnya. Tidak sebatas untuk perlindungan dari orang lain, mengaktifkan email pemulihan juga sangat membantu ketika kita lupa password Gmail. Jadi, kita bisa mengembalikan akun tersebut dengan mudah.

Untuk mengaktifkannya, caranya cukup mudah kok, berikut rinciannya:

  1. Silahkan kunjungi halaman Email Google.
  2. Jika sudah masuk ke halaman tersebut, klik Tambahkan Email Pemulihan untuk melanjutkan.cara mengaktifkan verifikasi 2 langkah gmail
  3. Setelah itu, kita akan diminta untuk login. Setelah login, silahkan klik Tambahkan Email Pemulihan lalu masukkan email yang akan digunakan (usahakan selalu aktif juga).
  4. Sesudah ditambahkan, maka akan muncul email baru pada bagian Email Pemulihan.
  5. Selesai.

Itulah beberapa cara melakukan verifikasi 2 langkah Gmail. Sebenarnya masih ada beberapa cara lagi seperti menggunakan aplikasi Google Authenticator. Namun, saya rasa cara di atas sudah lebih dari cukup untuk mengamankan akun dari orang jahil.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.