Cara Mengaktifkan Unknown Source

Sebagai salah satu OS paling banyak digunakan di smartphone, Android memiliki segudang fitur yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

Keberadaan fitur tersebut tentu bukan tanpa alasan, tetap ada tujuan dari penambahan fitur tersebut meskipun memang tidak semua orang menggunakannya.

Saat ini, di semua HP Android saya rasa memiliki fitur dengan nama Unknown Source. Apakah Anda pernah mendengar kalimat tersebut?

Jadi, Unknown Source merupakan fitur Android yang digunakan untuk mengizinkan atau tidaknya HP menginstall aplikasi selain dari Google Play Store.

Tujuan dari fitur ini adalah agar pengguna tidak sembarangan ketika menginstall aplikasi. Kita dituntut untuk menggunakan aplikasi yang terpercaya saja, lebih-lebih dari Google Play Store.

Namun, terkadang kita tetap membutuhkan fitur ini ketika benar-benar hendak menginstall aplikasi yang didownload dari internet.

Terlebih jika Anda adalah pengguna aplikasi mod seperti fouad whatsapp, maka mau tidak mau tetap harus mengaktifkan fitur ini agar proses instalasi berhasil.

Pada intinya, ketika Anda ingin menginstall aplikasi yang didownload di internet (tidak melalui Google Play Store), maka Anda wajib mengaktifkan fitur unknown source agar aplikasi bisa diinstall.

Cara Mengaktifkan Unknown Source di Android

Jika Anda memang benar-benar ingin mengaktifkan unknown source untuk menginstall aplikasi diluar Google Play, dan sudah yakin pula kalau aplikasi tersebut aman, silahkan ikuti panduan ini untuk mengaktifkannya.

Oh ya, tampilan untuk mengaktifkan unkonwo source setiap merk HP biasanya agak berbeda. Tapi tenang, secara umum tetap sama kok, jadi tetap bisa diaplikasikan untuk HP Samsung, Xiaomi, Asus, Vivo, Oppo, dan merk HP lainnya.

Pada panduan kali ini, saya menggunakan HP Samsung ya:

  1. Pertama, silahkan buka Pengaturan di smartphone Android Anda.
  2. Jika sudah, buka Biometrik dan keamanan lalu pilih Instal aplikasi yang tidak dikenal.
  3. Selanjutnya, cari aplikasi File Saya lalu aktifkan Izinkan dari sumber ini.
  4. Selesai.

Untuk pengguna Xiaomi, silahkan ikuti panduan berikut:

  1. Buka Pengaturan terlebih dahulu.
  2. Lanjut ke bagian Pengaturan Tambahan.
  3. Jika sudah, cari pengaturan Keamanan dan aktifkan Unknown Source atau Sumber tidak dikenal.
  4. Selesai.

Untuk pengguna Vivo, bisa ikuti langkah ini:

  1. Buka Pengaturan di HP Vivo Anda.
  2. Pilih pengaturan Aplikasi dan Izin lalu pilih Pengelola Izin.
  3. Selanjutnya, pilih Pasang Aplikasi yang Tidak Dikenal.
  4. Karena biasanya file aplikasi yang akan diinstall tersimpan di File Manager, silahkan pilih Pengelola File.
  5. Silahkan aktifkan fitur Izin Pemasangan Aplikasi yang Tidak Diketahui.
  6. Selesai.

Pada intinya, Anda hanya perlu masuk ke bagian pengaturan keamanan. Setelah itu, tinggal aktifkan fitur unknown source atau sumber tidak dikenal.

Setelah mengaktifkan fitur ini, Anda tidak akan menemui error lagi ketika hendak menginstall aplikasi selain dari Google Play Store.

Tapi harus diingat ya, Anda tidak boleh sembarangan menginstall aplikasi. Pastikan Anda benar-benar tahu dengan aplikasi yang akan dinstall, pastikan aplikasi tersebut memang aman untuk diinstall.

Pasalnya, ketika kita sembarangan menginstall aplikasi diluar Google Play Store, kemungkinan HP kita terkena virus cukup besar. Jadi, lebih baik mencegah daripada mengobati.

Untuk lebih amannya, Anda juga bisa mematikan fitur tersebut kalau aplikasi yang Anda inginkan sudah diinstall. Ini dimaksudkan agar aplikasi yang diinstall lebih terkontrol.

Demikianlah cara mengaktifkan fitur unknown source di HP Android.

Semoga bisa bermanfaat ya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.