Cara Mencetak Dokumen di Microsoft Word

Mencetak dokumen atau yang lebih sering disebut ngeprint bukanlah suatu perkara yang sulit. Namun, belum tentu semua orang mengerti cara mencetak dokumen ini karena saat melihat pengaturan print, biasanya akan kebingungan dengan apa yang harus dilakukan.

Sebenarnya, bisa saja kita tidak melakukan pengaturan apapun alias langsung klik tombol Print. Hanya saja, hasil print yang dihasilkan bisa berbeda dengan dokumen yang dibuat, khususnya dari segi ukuran kertas. Jadi, antara pengaturan printer dan dokumen memang harus sinkron.

Untuk itu, jika kamu belum tahu cara mencetak dokumen di Microsoft Word, pada kesempatan ini kami akan memberikan panduan mudahnya. Dengan membaca artikel ini, kamu akan jadi tahu bagaimana sih cara mencetak dokumen di Word yang benar.

Cara Print di Microsoft Word

Sebelumnya, kamu harus memastikan terlebih dahulu bahwa driver printer sudah terinstal dengan baik. Hal ini sangat penting karena jika driver belum terinstal, biasanya printer tersebut tidak bisa digunakan untuk ngeprint.

Nah, kami anggap kamu sudah menginstal driver printer dengan sempurna dan printer sudah bisa digunakan.

Selanjutnya, kamu juga perlu mengatur ukuran kertas dengan benar, baik di aplikasi Microsoft Word maupun di printer agar output yang dihasilkan sesuai. Jangan sampai pengaturan Word dan printer berbeda karena bisa menyebabkan hasil print terpotong dan semacamnya (intinya tidak sesuai).

Jika beberapa hal di atas sudah dilakukan dengan benar, saatnya mencetak dokumen.

Ms Word 2010, 2013, dan 2016

  1. Buka dokumen yang ingin dicetak.
  2. Klik menu File > Print atau bisa langsung tekan tombol CTRL + P maka kamu akan melihat tampilan seperti gambar berikut.
    cara print di word
  3. Dari gambar di atas, kamu harus memperhatikan bagian berikut:
    • Copies: Bagian ini merupakan bagian dimana kamu bisa mengatur berapa jumlah copian yang akan dicetak.
    • Printer: Kamu bisa memilih printer mana yang akan digunakan untuk mencetak dokumen. Silahkan pilih printer yang sudah terhubung dengan perangkat laptop ataupun komputer kamu.
    • Settings: drop-down pada pengaturan ini adalah pilihan untuk mencetak dokumen apakah akan mencetak dokumen Print All Pages (semua halaman yang ada pada dokumen kamu), Print Current page (Halaman yang dipilih saja atau dokumen yang sedang aktif, dimana pointer mouse terletak pada halaman tersebut), dan Print Custom Range (mencetak dokumen sesuai halaman yang dipilih saja).
  4. Jika sudah, klik tombol Print pada bagian atas dan tunggu prosesnya.

Microsoft Word 2007

  1. Buka dokumen Microsoft Word yang akan dicetak atau diprint.
  2. Setelah itu, klik tombol Office pada pojok kiri atas maka kamu akan melihat jendela menu. Silahkan pilih Print > Print atau bisa juga langsung menekan tombol CTRL + P untuk shortcutnya.
    cara mencetak dokumen di word
  3. Selanjutnya, kamu akan melihat jendela print muncul. Pada jendela ini, kamu harus melakukan beberapa pengaturan sebelum memutuskan untuk print.
    cara print di microsoft word
  4. Berikut beberapa pengaturan yang harus diperhatikan:
    • Printer Name (paling atas): Kamu bisa memilih printer mana yang akan digunakan untuk mencetak dokumen. Silahkan pilih printer yang sudah terhubung dengan perangkat laptop ataupun komputer kamu.
    • Page range: Page range adalah pilihan untuk mencetak dokumen apakah akan mencetak dokumen All (semua halaman yang ada pada dokumen kamu), Current page (Halaman yang dipilih saja atau dokumen yang sedang aktif, dimana pointer mouse terletak pada halaman tersebut), dan Pages (mencetak dokumen sesuai halaman yang dipilih saja).
    • Copies: Bagian ini merupakan bagian dimana kamu bisa mengatur berapa jumlah copian yang akan dicetak.
  5. Terakhir, klik OK untuk memulai mencetak dokumen dan kamu tinggal menunggu prosesnya selesai.

Nah, itulah artikel mengenai cara print dokumen di Microsoft Word. Pada intinya, kamu hanya perlu fokus pada pengaturan printer dan pengaturan Ms Word saja ketika hendak ngeprint. Pastikan keduanya memiliki pengaturan yang tepat agar tidak terjadi ketidaksesuaian pada hasil print.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.