Aplikasi Android paling Berguna

Salah satu keuntungan memiliki smartphone berbasis Android adalah banyaknya aplikasi yang tersedia di Play Store. Beragam kategori aplikasi bisa Anda unduh secara cuma-cuma tanpa harus membayarnya.

Dari ribuan aplikasi yang ada, tentu tidak semuanya bisa menjadikan Android Anda bermanfaat. Untuk itulah, kami akan merangkum daftar aplikasi Android paling berguna yang wajib diinstal di Smartphone Anda.

1. Evernote

Evernote menjadi aplikasi Android paling berguna untuk kategori produktivitas. Dengan aplikasi ini, memungkinkan Anda untuk membuat catatan berupa to do list, foto, gambar dan web clipper.

Evernote bisa mempermudah pekerjaan Anda karena catatan-catatan yang sudah Anda buat bisa akses tidak hanya lewat smartphone saja, tetapi bisa diakses di komputer atau laptop.

Terdapat juga fitur share via email, sehingga Anda bisa memberikan ide dan catatan kepada rekan kerja.

Evernote tersedia dalam versi gratis dan berbayar. Versi berbayar dimulai dari harga $7.99 per bulan dengan fitur-fitur yang lengkap. Salah satunya bisa mengakses catatan secara offline.

2. Camscanner

Aplikasi scanner Android ini bisa dibilang yang terbaik dibanding aplikasi sejenis. Pasalnya, CamScanner bisa digunakan untuk scan berbagai macam dokumen. Diantaranya adalah:

  • Notulen meeting
  • Sertifikat
  • Buku
  • Majalah
  • Ijazah
  • KTP
  • KK
  • SIM

Hasil scan bisa Anda simpan dalam bentuk gambar maupun PDF. Tidak hanya itu, hasil scan juga bisa langsung Anda bagikan melalui WA, email dan media sosial lainnya.

Aplikasi CamScanner bisa Anda unduh di Play Store secara gratis. Jika menginginkan fitur lebih, Anda bisa sedikit berinvestasi dengan membeli versi premiumnya.

3. Files by Google

Di Play Store banyak sekali aplikasi file manager yang bisa diunduh secara gratis.Tetapi jika Anda mencari yang terbaik, kami sarankan untuk memilih Files by Google.

Alasan kami sederhana, gratis dan tanpa iklan!

Untuk fitur-fitur sendiri juga sudah sangat lengkap. Anda bisa dengan mudah menghapus, mengatur dan mengirim file yang ada di ponsel.

Aplikasi ini juga secara otomatis mengelompokan file berdasarkan kategori. Misalnya kategori file besar, file meme, file video dan file duplikat. Sehingga memudahkan Anda untuk mengelola penyimpanan smartphone.

4. TweMate

TweMate adalah aplikasi yang berguna untuk Download video Twitter dengan langkah yang sangat mudah. Dengan aplikasi ini, semua video menarik di Twitter bisa Anda simpan ke perangkat baik itu dalam format MP4 maupun GIF.

Beberapa kelebihan TweMate dengan aplikasi sejenis, antara lain:

  • Ukuran kecil dan ringan.
  • Kecepatan download yang cepat karena sudah menggunakan teknologi multi thread.
  • Proses download tidak akan terhenti jika keluar dari aplikasi.
  • Tersedia built-in pemutar video sehingga video yang sudah didownload bisa langsung diputar.
  • Video yang sudah diunduh bisa langsung di share ke berbagai media sosial.

5. Google Maps

Kami yakin hampir semua pengguna Android sudah menginstal aplikasi dari Google ini. Karena memang aplikasi ini sangat berguna sebagai petunjuk arah jalan.

Sebagai sebuah aplikasi peta, Google Maps memiliki banyak sekali fitur menarik yang ditujukan untuk mempermudah pengguna.

Beberapa fiturnya antara lain:

  • Menambahkan beberapa tempat sekaligus

Fitur ini memungkinkan Anda menambahkan titik lokasi sekaligus. Jadi misalkan Anda ingin bepergian dari tempat A ke E.

Saat lagi di perjalanan, Anda ingin mampir ke tempat B, C atau D. Maka Anda bisa menambahkan lokasi tersebut ke daftar tujuan peta.

Untuk menambahkan, caranya adalah dengan memasukan titik awal dan akhir terlebih dahulu. Kemudian ketuk tiga titik pada bagian atas kanan dan pilih ‘tambah pemberhentian’.

  • Mengubah ikon kendaraan

Bosan dengan penunjuk jalan dengan ikon panah? Di Google Maps, Anda bisa memodifikasi ikon tersebut dengan bentuk mobil.

Caranya sangat mudah, cukup ketuk ikon panah dan nanti akan ada pilihan jenis ikon mobil yang bisa Ana pilih. Ikon mobil yang tersedia antara lain, SUV, truk, sedan dan pickup.

  • Menyimpan tempat parkir

Di Google Maps ada fitur untuk menyimpan lokasi parkir kendaraan Anda. Caranya adalah dengan mengetuk lingkaran biru yang menunjukan lokasi saat ini. Selanjutnya pilih ‘simpan tempat parkir Anda’.

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan catatan atau foto terkait tempat parkir tersebut.

Sebenarnya masih banyak sekali aplikasi Android berguna lainnya yang ada di Play Store. Namun untuk saat ini, hanya kelima aplikasi di atas yang bisa kami bagikan. Jika Anda memiliki daftar aplikasi lain, silakan tulis di kolom komentar. 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.