5 Spot Kuliner di Bogor Hits

Bagi warga Jakarta, Bogor menjadi salah satu tujuan wisata di akhir pekan. Agar akhir pekan terasa lebih mengesankan, Anda jangan lupa untuk mengunjungi merasakan berbagai macam kuliner di Bogor. Pasalnya, ada banyak spot kuliner yang bisa dikunjungi untuk merasakan berbagai makanan.

Mungkin Anda penasaran dengan berbagai macam makanan khas Bogor, tapi bingung harus pergi ke mana. Jika begitu, lebih baik Anda mengunjungi lokasi di mana Anda bisa menemukan berbagai macam makanan.

Mungkin masyarakat Bogor sudah tidak asing dengan beberapa spot kuliner ini karena beberapa di antaranya sudah buka sejak puluhan tahun yang lalu. Berikut ini beberapa lokasi wisata kuliner di Bogor yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga atau teman:

  • Kawasan Air Mancur

Untuk Anda yang sedang mencari makanan malam di Bogor, coba kunjungi daerah Jalan Sudirman. Pasalnya di daerah yang lebih terkenal sebagai Kawasan Air Mancur ini, bisa ditemukan banyak kuliner. Anda tidak perlu khawatir tersesat karena cukup mudah untuk menemukannya. 

Jarak kawasan kuliner ini hanya sekitar 700 meter dari Istana Bogor. Daerah ini sudah sejak lama menjadi lokasi untuk warga Bogor yang hobi kuliner dan nongkrong. Aktivitas penjual baru dimulai sore hari, yaitu sekitar pukul 16.00-02.00 WIB. 

Ada banyak warung-warung tenda yang biasanya digunakan warga untuk nongkrong di malam hari. Beberapa tempat makan yang terkenal, yaitu Sop Buntut Mang Endang, Sate Madura H. Amir, Sate Padang Air Mancur, Martabak Air Mancur, Bubur Ayam Abah Ujang, dan masih banyak lagi. 

Kawasan ini sangat cocok dikunjungi untuk Anda yang ingin mencari makan malam atau sekedar hanya ingin nongkrong dan menghabiskan malam di Bogor.

  • Jalan Veteran (Merdeka)

Selain di kawasan Air Mancur, Anda juga bisa mencari berbagai macam kuliner dengan suasana perkotaan di Jalan Veteran. Sebenarnya, banyak orang yang lebih mengenal jalan ini dengan sebutan kawasan Merdeka Bogor. 

Alasannya adalah karena pada zaman kemerdekaan kawasan ini menjadi salah satu pusat dari Kota Bogor. Sore hari saat pertokoan mulai menutup tokonya, mulai banyak gerobak dan tenda kuliner yang menyiapkan dagangannya. 

Di Jalan Veteran ini, wisata kulinernya lebih dominan berbentuk tenda-tenda dan gerobak. Ada banyak jenis makanan dan jajanan yang bisa ditemukan di sini. Beberapa di antaranya adalah bubur ayam, martabak, cakwe, soto, sate, pempek, maupun angkringan. 

Anda tidak perlu takut kehabisan karena daerah kuliner ini buka sampai pagi hari. Lokasi Jalan Veteran ini memang terbilang aktif dan cocok sebagai tujuan orang-orang yang ingin menikmati kuliner di Bogor.

  • Jalan Pandu Raya

Kawasan kuliner Jalan Pandu Raya memiliki lokasi yang tidak jauh dari Jalan Raya Bangbarung dan berlokasi di Bogor Utara. Untuk mencapai jalan ini, Anda bisa melewati Jalan Bangbarung terlebih dahulu atau bisa juga melewati jalan alternatif lain. 

Di sini makanan yang banyak dijual adalah makanan kekinian, misalnya kafe es krim atau kopi modern. Meskipun begitu, ada juga beberapa kuliner tradisional yang sudah legendaris, seperti Surabi Durian dan Bakso PMI. 

Kawasan kuliner Jalan Pandu Raya ini mulai ramai dari siang hari dan beberapa kedai kopi juga melayani sampai larut malam. 

Beberapa kedai kopi kekinian yang bisa dikunjungi untuk nongkrong, yaitu Dailydose Coffee & Eatery, Coffee Toffee Pandu Raya, Fairway Cafe, dan masih banyak lagi. Lokasi kuliner ini tentu sangat cocok untuk anak muda yang sering nongkrong.

  • Jalan Suryakencana

Lokasi wisata kuliner di Bogor ini terletak di Jalan Suryakencana dekat pintu utama Kebun Raya Bogor. Jalanan ini kurang lebih satu kilometer yang adalah kawasan Pecinan Bogor. Keberadaan lokasi kuliner ini sudah ada dari puluhan tahun yang lalu. 

Oleh sebab itu, jalan ini menjadi “surga kuliner” bagi wisatawan yang ingin mencicipi berbagai macam makanan khas Bogor. Beberapa makanan yang dijual di kawasan ini, yaitu soto mie, soto kuning, asinan, laksa, bir kotjok. 

Para pedagan di sini lebih banyak berjualan di tenda atau gerobak atau yang lebih dikenal sebagai street food. Di kawasan ini juga terdapat rumah makan kuliner nusantara, restoran China, dan Jepang. Jika Anda ingin mengunjungi kuliner di Bogor ini, datanglah mulai dari pagi sampai sore hari. 

Pasalnya, setelah pukul 20.00 WIB banyak yang sudah tutup. Beberapa kuliner terkenal dengan rasanya yang enak, yaitu Bakso Kikil Pak Jaka, Cangkring Pak Jumat, Soto Kuning Pak Yusup, Ngohiang Khas Bogor Gedung Dalam 154, Asinan Jagung Bakar Pak Sabur, dan masih banyak lagi.

  • Jalan Raya Bangbarung

Untuk merasakan berbagai macam makanan di Bogor, Anda bisa berkunjung ke kawasan kuliner yang ada di sepanjang Jalan Raya Bangbarung, Bogor. Apabila Anda keluar dari tol Baranangsiang, arahkan kendaraan ke Jalan Pajajaran. 

Dalam 15 menit kondisi lancar, arahkan kendaraan menuju Jalan Raya Bangbarung. Di sini, Anda akan menemukan banyak kios makanan tradisional sampai makanan kekinian. 

Beberapa menu makanan terkenal yang bisa ditemukan adalah ayam kalasan, sop durian, aneka bakso, dan makanan lainnya. Anda bisa menemukan ratusan penjual makanan. Berbeda dengan kawasan kuliner sebelumnya, di sini makanan di jual di ruko sehingga jarang ada tenda kaki lima. 

Walaupun begitu, kawasan kuliner Jalan Raya Bangbarung ini menjadi tujuan banyak orang dan selalu ramai dari siang sampai malam hari.

Mungkin biasanya Anda berkunjung ke daerah puncak saja. Kini Anda sudah mengetahui beberapa lokasi kuliner di Bogor yang bisa dikunjungi saat berada di Bogor. Jangan sampai melewatkan macam-macam makanan enak di Bogor. Yuk simak juga 10 rekomendasi kuliner malam di Bogor yang wajib dicoba, cek daftarnya disini ya!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.